Senin, 26 Desember 2011

Mengenal perangkat keras laptop

Kadang kala kita tidak yakin dengan laptop yang akan kita beli, sejak meledaknya pasaran laptop di Indonesia kini kita dihadapkan pada berbagai jenis laptop, akan tetapi jika kita tidak mengerti perbedaanya dan jenis mana yang cocok untuk kita maka bukan tidak mungkin laptop yang kita beli akhirnya kurang membantu.

Nah berikut ini beberapa hal yang harus anda mengerti pada perangkat keras (hardware) sebelum membeli laptop.


  • Processor - Processor adalah bagian utama yang menentukan kinerja dari laptop kita nantinya. Bagi anda yang mempunyai budget tinggi bisa memilih Intel Core 2 Duo atau AMD Turion 64, sedangkan bagi yang punya budget pas-pasan memilin Intel Celeron juga sudah cukup.
  • RAM (Random Access Memory) - Bagian ini yang menentukan kecepatan daripada kinerja sebuah laptop, semakin tinggi kapasistasnya maka akan semakin kencang kinerjanya. Untuk kapasitas RAM standard saat ini adalah 512Mb, semakin besar akan semakin baik.
  • HDD (Hard Disk Drive) - Harddisk merupakan bagian yang berfungsi sebagai perangkat penyimpanan, untuk ukuran standard saat ini adalah 80Gb, semakin besar kapasitas suatu hardisk juga akan semakin baik.
  • VGA (Video Graphics Array) - Bagian ini yang menentukan kualitas tampilan pada layar, bagi anda yang suka game dapat memilih VGA yang lebih tinggi, tapi bagi anda yang pemakaiannya secara umum dengan VGA bawaan (standard) pada laptop saja sudah cukup.
  • Disk Drive - Disk Drive ini terdiri dari dua jenis, yaitu untuk CD Drive dan DVD Drive. DVD Drive selain untuk membaca DVD juga dapat untuk membaca CD, tapi untuk CD Drive hanya dapat untuk membaca CD saja. Kemudian untuk jenis CD-RW dapat dinakan untuk burning CD atau menuliskan data pada CD, begitu juga untuk DVD-RW dapat digunakan untuk burning CD maupun DVD.
  • USB (Universal Serial Bus) - Biasanya bagian ini digunakan sebagai slot antara laptop dengan flashdisk atau perangkat lain yang menggunakan kabel data USB, laptop yang anda pilih setidaknya mempunyai 2 slot USB.
  • Wi-Fi (Wireless Fidelity) - Wi-Fi merupakan standard untuk jaringan lokal nirkabel, bagi anda yang suka mengakses internet pada area hotspot maka laptop anda harus mempunyai fasilitas ini.
  • Webcam (Web Camera) - Merupakan fasilitas kamera real time pada laptop, bagi anda yang menginginkan interaksi menggunakan kamera dengan orang lain baik menggunakan akses lokal maupun internet maka laptop harus dilengkap dengan fasiltas tersebut.

Beberapa perangkat keras di atas merupakan bagian-bagian dalam pada laptop yang harus anda ketahui sebelum membeli sebuah laptop, semoga dapat memberi gambaran bagi anda tidak mengenal perangkat keras pada laptop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar